Cari Blog Ini

Selasa, 05 Maret 2013

Cara Membaca dan Reset Kedipan MIL Honda PGM FI




Reset Kedipan MIL Honda Injeksi



Era motor injeksi sudah dimulai dan sudah selayaknya seluruh elemen pecinta teknologi sepeda motor mengetahui dan teredukasi teknik secara baik mengenai produk knowledge motor sistem injeksi.


Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama.
Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi  muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda?
Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi tersebut bisa karena arus yang masuk ke injector kurang atau putus, terjadi hubungan singkat di kabel injector, atau yang fatal Injector mengalami kerusakan.
Untuk lebih jelasnya  bisa cek ke Ahass setempat untuk pengecekan lebih lanjut, karena untuk memperbaiki system PGM FI menggunakan alat khusus.


Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mudah melakukan reset sistem memori ECM "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" pada sepeda motor honda sistem injeksi. Berdasar pengalaman selama beberapa tahun menjadi teknisi / mekanik, saya masih melihat bahwa sebagian besar konsumen pecinta sepeda motor Honda belum mencatat secara baik tentang teknologi injeksi ini. Karena untuk mengetahui gejala kerusakan secara dini dari data kedipan lampu MIL (Malfunction Indikator Lamp) yang sudah disediakan oleh Honda pada panel speedometer saja lumayan masih kebingungan. Padahal dengan mengetahui sinyal kedipan MIL para teknoker injeksi akan lebih care dalam merawat sepeda motornya.


Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :

Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Contoh :
jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh) ; jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).
Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.


OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan   1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan   7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan   8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan   9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :

Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
Matikan kunci kontak ke “ OFF  “
Pasang DLC Shorts Connector
Putar kunci kontak ke  “ ON “
Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
Putar kunci kontak ke “ OFF  “
Lepas DLC Shorts Connector
Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Selesai
Berikut gambar Tools DLC Shorts Connector :




Semoga sharing ini bisa membantu para pecinta Sepeda Motor Honda Injeksi, dilain kesempatan saya akan sharing mengenai sistem injeksi sepeda motor yamaha dan lainnya.
Untuk pemesanan tools silakan lihat halaman produk dan halaman order pada blog ini.

1 komentar:

  1. numpang nanya om, klo buat dapetin socket DLC short system tersebut belinya dimana...??? apa itu socket khusus apa rakitan om sendiri..???

    BalasHapus